Akreditasi Pustaka Malay Cendekia SMKN 1 Minas

Yang ada di benak pustakawan khususnya pustakawan sekolah jika mendengar kata akreditasi adalah repot, berat, susah, mungkin juga ada yang bilang akreditasi bikin pusing menyiapkan berkas-berkas. Sepertinya akreditasi identik dengan beban berat yang melelahkan. Sebenarnya jika kita tertib administrasi akreditasi bukanlah suatu hal berat. Akreditasi adalah proses yang mudah dilewati jika kita dalam mengelola perpustakaan melaksanakan sesuai standar pengelolaan perpustakaan sekolah.

Padahal akreditasi merupakan sebuah upaya evaluasi lembaga. Akreditasi perpustakaan sekolah diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional, untuk memastikan bahwa penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sekolah sudah memiliki kualitas sesuai standar yang sudah ditetapkan atau mungkin lebih dari standar yang ada.Sebenarnya akreditasi perpustakaan sekolah adalah sebuah moment bagi pustakawan untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan sekolah. Dengan diselenggarakannya akreditasi memaksa pimpinan sekolah untuk lebih memberikan perhatian kepada perpustakaannya. Selain itu warga sekolah juga harus ikut berpartisipasi demi kelancaran dan keberhasilan proses akreditasi.

hal itu juga tentunya yang telah di alami oleh Pustakawan Malay Cendekia SMKN 1 Minas dalam menghadapi proses Akreditasi pustaka di SMKN 1 Minas, awalnya semua terasa berat namun berkat tertib administrasi dalam pengelolaan pustaka dan kerjasama warga sekolah sehingga proses akreditasi dapat dijalani dengan mudah dan alhamdulillah membuahkan hasil yang memuaskan dengan predikat A. dan semoga Perpustakaan Malay Cendekia SMKN 1 Minas makin sukses dan jaya selalu.

# Salam Literasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *