Berita

Pelatihan/ Diklat Budaya Kerja Industri Tenaga Pendidik dan Peserta Didik di SMKN 1 Minas

Pengembangan penguatan budaya kerja bagi peserta didik SMK merupakan aspek penting dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berhasil dalam pekerjaannya. Peserta didik SMK harus dipersiapkan untuk menghadapi kondisi dan tantangan di dunia usaha dan dunia industri. Bekerja di dunia  usaha dan dunia industri berada dalam lingkungan yang berbeda dengan lingkungan sekolah sehingga diperlukan adanya penguatan budaya kerja. Oleh karenanya dalam melaksanakan penguatan budaya kerja di SMK, diperlukan adanya materi pembinaan ketarunaan yang memuat tentang materi Kesamaptaan, Tata Tertib Taruna, dan Pembentukan Organisasi Kesiswaan.

Program Penguatan Budaya Kerja Peserta Didik SMK merupakan salah satu ihktiar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Sekolah menengah Kejuruan untuk meningkatkan kapasitas lulusan agar lebih siap menghadapi dunia kerja. Tantangan perubahan yang ditandai oleh simbol revolusi industri 4.0 serta adanya serangan wabah virus Covid-19 menuntut hadinya inovasi dalam melakukan perubahan strategi penuntasan program ini. Pola konvensional dengan melakukan interaksi tatap muka secara normal tentu menjadi terhampat dalam kondisi saat ini, maka langkah terbaiknya adalah memoderasi kegiatan melalui opsi alternatif dengan moda online (dalam jejaring). 

Melalui Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penguatan Budaya Kerja Peserta Didik SMK yang dalam kesempatan ini dilakukan dengan pilihan online (daring) terstruktur, Direktorat SMK mengemas target kegiatan yang terdiri dari sosialiasi pembelajaran atau pembinaan budaya kerja berdasarkan buku yang sudah tersusun sebanyak 6 buku rujukan penguatan budaya kerja peserta didik di SMK. Keenam buku yak dimaksud dirinci sebagai berikut:

  1. Buku Pembentukan Tim Kerja Sekolah
  2. Buku Pembinaan Kedisiplinan
  3. Buku Pembinaan Ketarunaaan
  4. Buku Pembinaan Kerohanian
  5. Buku Pembinaan Minat dan Bakat
  6. Buku Pembentukan karakter Kerja dan Kontrak Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *